Peringati Hardiknas, Menteri Anies Ajak Majukan Pendidikan

Anies Baswedan
Anies Baswedan
Anies Baswedan
Anies Baswedan

POJOKSATU.id, JAKARTA¬†–¬†Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meminta semua pihak terlibat dan bertanggung jawab terhadap dunia pendidikan Indonesia. Menurut Anies, pemerintah memiliki tanggung jawab secara konstitusional. Sementara, semua orang terdidik di Indonesia punya tanggung jawab moral.

“Di hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei, kami mengajak semua pihak, mari kita terlibat,” ujar Anies dalam keterangan persnya, Kamis (30/4).

Dia menambahkan, pesan itu bukan hanya untuk orang yang terlibat dalam dunia pendidikan. Pesan tersebut juga ditujukan untuk semua pihak yang sudah mendapat manfaat dari pendidikan di Indonesia.

“Memajukan pendidikan tidak mungkin dikerjakan hanya oleh sekolah dan pemerintah. Sementara masyarakat tidak terlibat apalagi yang sudah merasakan pendidikan,” tambah Anies.


Anies menegaskan, Kemendikbud ingin menghasilkan anak yang berkarakter Pancasila. Secara eksplisit, Kemendikbud ingin anak-anak Indonesia menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam praktik keseharian. “Saya percaya bahwa sekolah-sekolah merupakan institusi yang bisa menumbuhkan ini,” ujar Anies.

(esy/jpnn/zul)