Janji Menteri Hanif untuk Buruh, Upah Harus Naik Tiap Tahun

Bendera Panjang Merah Putih

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, mengaku sementara menggodok peraturan pemerintah tentang pengupahan. Ini sebagai respon dari tuntutan para buruh setiap kali melakukan aksi pada peringatan Hari Buruh sedunia (MayDay).

“Kami godok Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Keupahan. Upah buruh harus naik tiap tahun. Pengusaha juga harus ada kepastian bahwa kenaikan upah bisa diprediksi dan direncanakan,” kata Menteri Hanif, di Cawang Jumat (1/5). ┬áNamun ia mengatakan pemerintah masih memikirkan formulanya.

Pada perayaan hari buru tahun ini, Menteri Hanif melakukan kunjungan ke pasar swalayan di bilangan Cawang, Jakarta Timur.

Begitu sampai, Hanif langsung disambut oleh pertunjukkan pencak silat. Ia kemudian mengitari pasar swalayan tersebut dan menyapa para pekerja.


“Hari ini kami memantau keadaan di Jakarta. Hari Buruh harus menjadi momentum membangun kebersamaan pengusaha dan pekerja. Harus ada dialog sosial di setiap perusahaan,” kata Hanif saat memberikan sambutan.

Hanif juga menyinggung soal jaminan sosial nasional. Salah satu program pemerintah yang disinggungnya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

“Sudah ada jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua. Yang belum adalah jaminan pensiun, semoga saja segera ada,” katanya.

Ia mengimbau kepada pekerja untuk dapat bekerja lebih giat dan profesional. “Para pekerja mari berkontribusi tingkatkan performa kerja,” ujarnya.(ril)