Pesawat Ruang Angkasa Rusia M-27M Diprediksi Akan Jatuh ke Bumi

Inilah pesawat ruang angkasa Rusia M-27M
Inilah pesawat ruang angkasa Rusia M-27M
Inilah pesawat ruang angkasa Rusia M-27M

POJOKSATU.id, RUSIA – Pesawat ruang angkasa M-27M milik negara Rusia yang gagal beroperasi kini diprediksi sedang dalam pergerakannya meluncur menabrak bumi.

Menurut salah seorang perwakilan dari International Space Station seperti dikutip mirror.co.uk, Rabu (29/4), pesawat ini sebelumnya diduga mengalami kegagalan telemetri ketika sedang berorbit dan kini dikabarkan sedang meluncur menuju bumi.

Pesawat tak berawak Progress M-27M/59P, membawa sebanyak 3 ton suplai makanan dan bahan bakar yang sebenarnya akan ditujukan ke pada astronot yang sedang bertugas atas nama ISS. Namun kendaraan ruang angkasa yang diluncurkan pada Selasa, 28 April kemarin ini mengalami masalah besar sejenak setelah mencapai titik orbitnya.

Agensi penerbangan ruang angkasa Rusia, Roscosmos, memperkirakan bahwa pesawat ini akan memasuki atmosfer bumi sekitar tanggal 7 sampai 11 Mei mendatang. Jika pesawat ini benar-benar jatuh ke bumi, maka diperkirakan objek yang terkena reruntuhan pesawat akan mengalami kebakaran.


Agensi penerbangan Roscosmos yang bekerjasama dengan ISS sendiri saat ini masih terus memantau perkembangan pergerakan M-27M/59P ini. Pihaknya mengkonfirmasi akan segera mengumumkan ke pada masyarakat jika sudah jelas titik di mana pesawat tersebut akan jatuh.

(cr3)