Soal Gedung Baru DPR, Fahri Hamzah: Kalau enggak penting, tutup aja DPR ini!

Fahri Hamzah

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pro kontra pembangunan gedung baru DPR mendapat tanggapan ‘nyeleneh’ dari Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Ia mengaku heran dengan adanya pro dan kontra tersebut, padahal pembangunan gedung baru sangat diperlukan untuk menunjang kinerja anggota Dewan.

“Saya mau tanya, dalam demokrasi ini DPR penting enggak sih? Kalau enggak penting, tutup aja DPR ini,” kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/4).

Menurut Fahri, awalnya DPR memang tidak dibutuhkan di dalam pemerintahan. Hal itu terjadi pada era Orde Baru. Eksekutif berjalan, sedangkan legislatif hanya dijadikan sebagai “alat” oleh pemerintah.

Tapi ketika era reformasi, DPR akhirnya diberi kewenangan yang lebih kuat untuk menjalankan tugasnya. Amandemen UUD 1945 mengatur, agar DPR mempunyai kekuatan untuk mengawasi pemerintahan.


“Kalau menambah kekuasaan DPR, ya harus ditambah juga infrastrukturnya. Tambah tenaga ahli. Otomatis tambah gedung dan sebagainya,” tegas kader Partai Keadilan Sejahtera ini.

Apalagi menurut Fahri, tidak semua anggota DPR yang dipilih langsung oleh rakyat mempunyai kapasitas untuk menjalankan tugasnya. Untuk itu, harus ada infrastruktur dan fasilitas maksimal untuk menunjang kinerja para wakil rakyat. (ril)