Ini Pesan Kakak Terpidana Mati pada Presiden Jokowi

Kakak terpidana mati narkoba Andrew Chan
Kakak terpidana mati narkoba Andrew Chan
Kakak terpidana mati narkoba Andrew Chan
Kakak terpidana mati narkoba Andrew Chan

POJOKSATU.id, NUSAKAMBANGAN – Kakak terpidana mati Andrew Chan asal Australia, Michael Chan, berpesan kepada Presiden Jokowi untuk tidak melakukan hukuman mati.

Michael Chan mengatakan bahwa menjatuhkan hukuman mati pada tersangka aksus narkoba Bali Nine ini tak akan berpengaruh pada peredaran narkoba di Indonesia.

“Menghukum mati tak akan mengubah apa pun,” ucap Michael, Senin petang (27/4).

Kakak terpidana mati Bali Nine ini juga mengkritik bahwa hukuman mati tak sesuai dengan zamannya. Menurutnya, saat ini sudah tak dilakukan lagi hukuman mati oleh banyak negara.


“Itu merupakan hukuman yang dilakukan pada tahun 1700 dan 1800. Tapi sekarang sudah abad 21 dan orang tak lagi dapat melakukan itu,” ujarnya.

Andrew Chan
Andrew Chan

Menurutnya, menekan angka konsumsi dan peredaran narkoba di Indonesia bukan dengan cara menembak mati, namun dengan cara memberikan pendidikan pada generasi muda tentang bahaya mengkonsumsi narkoba untuk menjauhkan mereka dari penyalah gunaan narkoba.

“Menghukum hati bukanlah hal yang tepat. Mendidik anak muda langkah yg tepat untuk menjauhkan mereka dari bahaya narkoba,” tutupnya.

(zul)