Diundang Wartawan, Jokowi Rela Tinggalkan KTT ASEAN

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Presiden Jokowi rela meninggalkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, untuk menghadiri silaturahmi Pers Nasional pada Senin (27/4). Padahal, Presdien Jokowi dijadwalkan mengikuti KTT ASEAN hingga Rabu (29/4).

Presiden Jokowi melakukan itu semata-mata agar para insan pers nasional tidak kecewa. Karena Presiden Jokowi pernah tidak hadir dalam acara Pers Nasional di Batam pada tahun lalu.

“Saya takut kemarin yang di Batam lolos. Betul-betul memang sulit mengatur waktu. Saat itu, saya di Filipina dan saya diwanti-wanti untuk datang,” kata Jokowi, di acara silaturahmi dengan Pers, di Gedung TVRI, Senayan, Jakarta, Senin (27/4).

Presiden Jokowi mengaku mendapat laporan bahwa baru kali ini di acara Hari Pers Nasional, Presiden tidak hadir. “Ini saya sudah tidak berani lagi untuk yang kedua,” kata dia.


Untuk menggantikan dirinya, Presiden Jokowi meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri KTT ASEAN. “Coba sampai kayak gitu, untuk Pers,” tambahnya.

Jokowi mengaaku sangat senang bisa menghadiri forum silaturahmi pers nasional. Sebab, menurutnya media sangat berperan penting dalam kehidupan berdemokrasi. Di mana ia disuguhi opini yang sering memicu perdebatan.

“Ini bagian dari pendewasaan demokrasi, tetapi kadang-kadang kita capek,” ujar dia. Selain itu, kata Jokowi, pers juga memiliki fungsi kontrol dalam pemerintahan.(ril)