Dituduh Melecehkan Sains, Dr Oz Dituntut Mundur

Dr Oz
Dr Oz
Dr Oz

POJOKSATU.id – Dr Mehmet Oz, atau yang terkenal dengan Dr Oz, dikabarkan dituntut mundur dari jabatannya di Columbia University di New York. Tak kurang dari 1.000 dokter Amerika tergabung dalam aksi ini.

Minggu lalu, 10 dokter mengirimkan surat pemanggilan ke pada Dr. Oz, untuk mundur dari jabatannya sebagai ahli bedah jantung di Universitas Columbia. Penuntutan ini dilakukan karena Dr. Oz dituduh mempromosikan produk dan membuat beberapa pernyataan yang tidak disertai dengan bukti medis.

Seperti dikumpulkan oleh badan survey SERMO, sejumlah 1.300 dokter di Amerika memberikan reaksi beragam ka pada Dr Oz. di antaranya, sebanyak 735 dokter meminta Dr. Oz untuk mundur dari jabatannya di fakultas, 50 dokter menginginkan izin praktiknya dicabut, 280 dokter lain menginginkan Dr. Oz untuk mundur dari jabatan dan dicabut izin praktiknya, sedangkan sisanya, sebanyak 18 persen tidak bereaksi apa-apa karena masih menghormati Dr. Oz sebagai seorang paramedis.

Di dalam surat tersebut, para dokter dari seluruh penjuru Amerika ini mengkritisi Dr Oz yang dianggap melecehkan sains dan mengeluarkan pernyataan yang tidak ada dasarnya. Yang paling parah, Dr. Oz mempromosikan produk demi memperoleh keuntungan pribadi.


Menanggapi kritikan ini, Dr. Oz yang ditemui setelah acara shownya berakhir, menganggap bahwa apa yang mereka lakukan menghalangi kebebasannya dalam berpendapat. Dr. Oz juga mengkonfirmasi bahwa dirinya sama sekali tidak pernah mempromosikan produk demi memperoleh keuntungan pribadi.

“Saya berjanji, mulai sekarang saya tidak akan tinggal diam,” kata Dr Oz dengan santai menjawab seperti dilansir yahoo.com, Minggu (26/4).

(cr3/lya)