Gempa Nepal Picu Longsor di Gunung Everest, 8 Turis Terkubur

Aparat bersama relawan dan warga mencari korban selamat akibat gempa Nepal

Aparat bersama relawan dan warga mencari korban selamat akibat gempa Nepal

POJOKSATU.id, NEPAL – Gempa Nepal berkekuatan 7,9 skala Richter (SR) menyebabkan 1.400 nyawa melayang. Selain itu, gempa Nepal juga memicu longsor di Gunung Everest hingga menyebabkan 8 turis terkubur dan 30 orang lainnya luka-luka.

Longsor menyebabkan lapisan salju dan bongkahan es yang melapisi bagian puncak Mount Everest meluncur deras ke bawah.

“Sekitar 30 orang berada di gunung itu terluka, 8 orang tewas tertimbun di Everest Base Camp,” ujar pihak berwenang.

Pemerintah Nepal membenarkan 30 orang terluka di akibat longsor di salah satu gunung tertinggi dunia itu. Namun pemerintah belum mengetahui bagaimana kondisi para korban karena komunikasi ke lokasi longsoran terbatas.

“Jumlah korban bisa bertambah, mungkin termasuk turis asing serta sherpa,” kata pejabat pariwisata Nepal Gyanendra Shrestha seperti dikutip dari ITV, Sabtu (25/4/2015)

Kejadian longsor di Gunung Everest saat gempa terjadi pertama kali diketahui dari seorang pendaki Rumania, Daniel Mazur. Dia mengabarkan melalui Twitter bahwa ia selamat dari longsoran besar di Gunung Everest.

“Gempa besar terjadi di Gunung Everest. Base camp rusak parah. Tim kami terjebak di camp 1. Berdoalah untuk semua orang,” tulis Mazur di akun @danielmazur.

Gempa dahsyat berkekuatan 7.9 SR mengguncang Kathmandu Nepal, Sabtu (25/4/2015) siang. Gempa terjadi di daerah antara ibukota Kathmandu dan Kota Pokhara.

(ITV/one)

Feeds