Bawa Kokain 5,2 Kg, Mantan Komisaris PT Semen Indonesia Tertangkap di Thailand

Mantan Komisaris PT Semen Indonesia, Jemani Ikhsan. (Ist)
Mantan Komisaris PT Semen Indonesia, Jemani Ikhsan. (Ist)
Mantan Komisaris PT Semen Indonesia, Jemani Ikhsan. (Ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – MantanĀ  Komisaris BUMN, Jemani Ikhsan (63), tertangkap di Bandara Internasional Phuket, Thailand.

Jemani kedapatan membawa kokain seberat 5,2 kg atau senilai 15,6 juta Baht (sekitar Rp 6,6 miliar). Ia menyimpan barang haram tersebut di antara 3 buah buku dan membungkusnya dengan 6 lapis alumunium foil.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemlu, Lalu M Iqbal, mengaku telah mengetahui hal tersebut.

“Dari awal kami diinfokan kalau ada WNI kita yang tertangkap di Thailand,” ujarnya, saat dihubungi Sabtu (25/4).


Sementara itu, pihak berwenang di Thailand mengatakan bahwa kokain yang dibawa Jemani akan diedarkan ke sejumlah wilayah di sana.

“Ini ditujukan ke kota wisata Khao Lak yang terletak di sebelah utara Phuket. Kami juga yakin (kokain) ini akan didistribusikan ke daerah-daerah lain di Thailand,” kata Gubernur Phuket, Nisit Jansomwong dalam koferensi pers di Bandara Internasional Phuket, Thailand, Selasa (21/4).

Jemani Ikhsan diketahui pernah menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Semen Indonesia pada Januari 2013 hingga Juni 2014. Dia juga tercatat sebagai komisaris independen di PT Semen Gresik sejak Oktober 2010 sampai Desember 2012. Jemani tertangkap di Bandara Internasional Phuket, Thailand, Senin (20/4) malam. (ril)