Dituduh Skandal Suap, PM Korea Mundur

Ilustrasi
Perdana menteri Korsel, Lee Wan-koo (Ist)
Perdana menteri Korsel, Lee Wan-koo (Ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Mungkin ini bisa menjadi contoh baik bagi para koruptor di Indonesia. Tak menungggu proses hukum, PM Korea Selatan Lee Wan-koo mengajukan diri untuk mundur dari jabatannya. Lee terperangkap dalam sebuah skandal suap, menerima dana gelap dari seorang pengusaha Sung Wan-jong, yang melakukan bunuh diri awal bulan ini.

Tak lama sebelum kematiannya, pengusaha itu tersebut memberitahu media bahwa dia telah menyuap beberapa pejabat tinggi pemerintah, termasuk Lee. Sung kemudian ditemukan gantung diri di sebuah pohon di Seoul.

Seperti diberitakan VOA Selasa (21/40), dalam kantongnya, terdapat daftar nama delapan pejabat yang katanya menerima dana gelap itu. Sebagian besar pejabat, termasuk Lee, diduga sekutu dekat Presiden Park Geun-hye. PM Lee berulang kali menyangkal telah menerima uang suap sejumlah $27.000, bahkan memberitahu wartawan, jika itu benar, dia bersedia “mengakhiri” hidupnya.

Presiden Park, yang saat ini melawat ke Amerika Latin, belum memutuskan apakah akan menerima pengunduran diri perdana menteri. Park berkali-kali mengalami kesulitan dalam menunjuk seorang perdana menteri, yang sebagian besar merupakan jabatan seremonial saja.
(VOA/ril)