Menlu Palestina Terharu Didukung KAA Raih Kemerdekaan

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki
Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki
Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki
Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki

POJOKSATU.id, JAKARTA – Mendapatkan dukungan untuk meraih kemerdekaan dalam KAA yang ke 60, Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki mengaku terharu atas solidaritas yang ditunjukkan seluruh negara anggota Konferensi asia-afrika (KAA) dalam mendukung kemerdekaan negaranya.

Pasalnya, tak ada satu negara pun dalam kegiatan KAA itu yang menolak mendukung Palestina. ‎Al Maliki mengatakan, semua perwakilan negara yang hadir dalan konferensi itu menunjukkan dukungan besar.

“Tidak ada delegasi yang menolak kemerdekaan Palestina. Tidak ada negara menolak keras ataupun menentang hak dasar rakyat Palestina untuk merdeka. Kami berhak mendapat kemerdekaannya,” kata Riyad dengan mata berkaca-kaca saat jumpa pers di sela pertemuan, Senin (20/4).

Al Maliki menambahkan, Palestina saat ini masih diduduki negara lain. Karena itu, dia mengaku bersyukur bisa mendapatkan dukungan dari negara-negara yang hadir dalam KAA ke-60.


Salah satunya ialah dukungan dari pemerintah dan warga Indonesia. Bagi Al Maliki, dukungan tersebut memiliki arti penting bagi ambisi Palestina mendapatkan kemerdekaan.

“Palestina menjadi fokus utama di gathering ini. Terima kasih Indonesia untuk memberi dukungan. Untuk melihat bagaimana kami bisa menanggapi dukungan. Kita percaya gathering ini bisa membuat pendekatan berbeda,” tegas Al Maliki.

(flo/jpnn/zul)