Penemuan Harta Karun yang Hebohkan Dunia Sepanjang 2015

Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Harta karun rasanya hanya bisa ditemukan di film-film dongeng. Namun, ternyata harta karun itu benar-benar ada di dunia nyata.

Banyak sekali orang yang tak sengaja menemukan harta karun. Bahkan, disepanjang 2015 ini saja sudah ditemukan 3 harta karun yang menghebohkan dunia.

Apa sajakah itu? Berikut 3 Harta karun yang penemuannya menggebohkan dunia sepanjang 2015:

1. Tukang Sapu Temukan ‘Harta Karun’


Ilustrasi
Ilustrasi

Tak disangka, pada awal Februari 2015, seorang pria asal India membuat heboh dunia. Pasalnya, pria ini menemukan ‘harta karun’ berupa batangan emas di loker siswa saat sedang membersihkan gudang sekolah dalam kegiatan “Clean India”.

Hingga kini, belum diketahui siapa pemilik emas batangan seberat 2 kg dan uang sejumlah 10 juta rupee (Rp1,7 miliar).

2. Penyelam Israel Temukan Harta Karun 2 Ribu Koin Emas

Ilustrasi
Ilustrasi

Masih di bulan Februari, para penyelam di Israel menemukan harta karun yang luar biasa di kawasan Pelabuhan Mediterania kuno di Kota Caesarea, Israel. Mereka mendapatkan lebih dari dua ribu koin emas seberat 9 kilogram.

Otoritas Benda Kuno Israel menegaskan, koin itu diperkirakan telah berusia seribu tahun. Sebab, berdasar ukiran di atas koin tersebut, sebagian di antaranya berasal dari petengahan abad ke-9.

Mayoritas koin itu berasal dari Kekhalifahan Dinasti Fatimiyah, kerajaan muslim Syiah yang menguasai sebagian besar wilayah Afrika Utara dan Timur Tengah pada milenium pertama.

3. Terkuak Harta Karun 100 Ton Perang Dunia II

Harta Karun 100 ton peninggalan perang dunia II
Harta Karun 100 ton peninggalan perang dunia II

Pertengahan bulan April, ditemukan harta karun peninggalan jaman perang dunia II berupa keping perak seberat 100 ton berhasil diangkat dari kedalaman lebih dari 5.000 meter di lepas pantai Amerika Selatan.

Keping perak seberat 100 ton ini berasal dari muatan kapal Inggris, City of Cairo. Keping perak ini merupakan dana perang Inggris yang didapatkan dari India.

(zul)