Hati-hati, Pil KB Bisa Pengaruhi Fungsi Otak

Ilustrasi. Foto: net
Ilustrasi. Foto: net
Ilustrasi. Foto: net

POJOKSATU.id, WASHINGTONPara wanita, terutama ibu rumah tangga sebaiknya pikirkan kembali jika akan mengkonsumsi pil pengatur kelahiran atau yang biasa disebut pil KB. Pasalnya, para ahli menemukan bahwa pil sejenis ini ternyata memiliki dampak yang tidak baik bagi otak.

Para peneliti dari University of California, Los Angeles, seperti dilansir zeenews.india.com, Senin (13/4), menemukan bahwa pil KB mengandung zat yang dapat membuat ukuran otak menyusut dan mengganggu fungsi kerja otak.

Lateral orbitofrontal cortex dan the posterior cigulate cortex, dua bagian otak wanita yang memiliki peran yang sangat penting ini diketahui akan semakin menyusut seiring konsumsi pil KB.

Ketika kita mengkonsumsi pil KB, ada hormon-hormon tertentu dalam tubuh yang dapat menyebabkan ukuran kedua bagian otak tersebut menyusut. Inilah yang membuat seorang wanita muda gelisah dan depresi.


Peneliti mengatakan bahwa bisa jadi efek seperti ini akan terus berlanjut meskipun seseorang tak lagi mengkonsumsi pil pengatur kelahiran ini. Penelitian ini sendiri sudah dipublikasikan dalam jurnal Human Brain Mapping.

(cr3/lya)