Capai Usia 100 Tahun, Nenek Ini Bebas dari Sewa Rumah

Warga Australia Barat Jean Sullivan masih sehat dalam usia 100 tahun. (Foto: ABC)
Warga Australia Barat Jean Sullivan masih sehat dalam usia 100 tahun. (Foto: ABC)
Warga Australia Barat Jean Sullivan masih sehat dalam usia 100 tahun. (Foto: ABC)

POJOKSATU.id PERTH – Jean Sullivan yang kini berusia 100 tahun, masih tetap sehat dan bisa mengurus dirinya sendiri, termasuk merawat kebun di halaman rumahnya di salah satu kawasan di Perth, Australia Barat.

Karena telah mencapai usia 100 tahun, kini Jean tak lagi harus membayar sewa rumah yang sudah ditinggalinya bertahun-tahun. Perumahan tempat tinggalnya merupakan milik pemerintah.

Deparetemen Perumahan negara bagian Australia Barat sejak tahun 2007 silam telah memberlakukan kebijakan rumah gratis bagi warganya yang berhasil mencapai usia 100 tahun.

Jean kini merupakan satu dari delapan warga Australia Barat yang tinggal gratis di perumahan milik pemerintah. Kepemilikan rumahnya tetap berada di tangan pemerintah namun warga yang berusia 100 tahun tidak lagi perlu membayar sewa.


Jean sendiri masih aktif melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, satu hal yang ia kurang suka adalah “membersihkan jendela,” katanya seperti dilaporkan ABC.

Menteri Perumahan Australia Barat Colin Holt kepada ABC menjelaskan, selain 8 warga yang saat ini berusia 100 tahun, akan ada 4 warga lainnya yang sebentar lagi akan mencapai usia satu abad.

“Kebijakan kami sudah berlaku sejak 2007, dimana warga senior yang tinggal di perumahan pemerintah akan dibebaskan dari uang sewa jika mencapai usia 100 tahun,” jelasnya.

Jean Sullivan sudah tinggal di daerah Manning sepanjang hidupnya dan berhasil mendapatkan tempat tinggal di daerah tersebut.

“Saya sudah menjalani hidup yang cukup menyenangkan,” katanya.

Jean yang tumbuh di daerah peternakan, pindah ke Perth saat berusia 7 tahun. Ia menjalani pendidikan jarak jauh dan ibunya mendaftarkan ia ke kelas menari.

Ternyata pilihan itu membuahkan hasil. Ia turut ambil bagian dalam berbagai penampilan tari di Australia Barat.
Jean kemudian menikah dengan seorang pemain drum dan memiliki dua anak Ken Sullivan dan Barb Giles.

Keduanya bangga terhadap ibunya. “Ayah pernah membuat rekaman berjudul ‘The One Rose’ untuk ibu, dan kami rasa itu sangat romantis,’ tutur Barb Giles. (ABC/ril)