Serem…Merokok Bisa Bikin Bakteri di Tubuh Lebih Agresif

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, WASHINGTON – MRSA atau Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus adalah sistem penangkal antibiotik yang dimiliki bakteri jahat dalam tubuh. Jika zat resistan ini menguat, maka daya tahan tubuh terhadap penyakit-penyakit tertentu akan melemah. Kabar buruknya, resistan ini justru akan menjadi semakin kuat jika terpapar dengan tembakau atau rokok.

Seperti dilansir zeenews.india.com, Jumat (3/4), para ahli dari University of California, San Diego School of Medicine menyatakan, ketika resistan ini menguat, maka daya tahan atau sistem imun tubuh akan semakin melemah.

Laura E Crotty Alexander, ketua tim ahli dalam penelitian ini mengatakan, seperti sudah banyak diketahui, merokok dapat mengganggu pernapasan dan merusak sel dalam tubuh. Dan penelitian ini juga membuktikan bahwa merokok dapat membuat bakteri jahat dalam tubuh bergerak lebih agresif.

“Perokok lebih mudah terkena infeksi penyebab utama pneumonia dari pada mereka yang tidak pernah merokok. Ini merupakan bukti nyata bahwa merokok sangat tidak baik untuk kesehatan,” imbuhnya.


Penelitian ini sendiri sudah dipublikasikan di Journal Infection and Immunity di Washington DC, Amerika.

(cr3/lya)