DKI Kabulkan Dana Hibah Rp 412 Miliar ke Bekasi, Asal…

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Ahok
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Ahok
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Ahok

POJOKSATU.id, KEBON SIRIH – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan memberikan dana hibah Rp 412 miliar sesuai permintaan Pemerintah Kota Bekasi. Namun dana tersebut baru diberikan, Jika Pemkot Bekasi bisa menyediakan detail engineering design (DED).

“Kan seperti Kota Tangerang, dia mau minta Rp 1,2 triliun, kami kasih, selama DED-nya ada,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok di Balai Kota, Selasa (31/3).

‚ÄéMantan Bupati Belitung Timur itu menyatakan, kebijakan DKI di bawah kepemimpinannya berbeda dengan sebelumnya. “Kebijakan DKI sekarang, kami memperluas wilayah, tapi bukan kekuasaan, melainkan tanggung jawab,” ucapnya.

Ahok menambahkan, kebijakan ini diterapkan karena DKI memiliki hubungan dengan wilayah-wilayah yang menjadi mitra Jakarta. “Misalkan, kami mau melebarkan jalan tembus ke Bekasi. Kalau Bekasinya enggak (bagus) percuma, kayak putus. Terus Lebak Bulus dibongkar ada Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Kalau kami enggak mau bagusin jalan ke situ, kami juga yang menderita,” tuturnya.


Ahok menambahkan, kebijakan itu merupakan konsep Megapolitan DKI. Bahkan, suami Veronica Tan itu mengaku memiliki keinginan untuk membuat wilayah tanpa batas.

“Jadi kamu enggak ngerasa wilayah berbatas, kecuali ada papannya ya. Jalannya, sungainya, elevated bus-nya semua sama. Itu tanggung jawab DKI, tapi kekuasaannya tetap milik mereka,” tandasnya. (gil/jpnn/lya)