Hati-Hati, Obat Diabetes Bisa Picu Penyakit Jantung

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, WASHINGTON – Sebuah penelitian yang diadakan di American College of Cardiology menguji glukosa atau penurun kadar gula pada obat yang biasa diberikan kepada pasien diabetes. Namun hasilnya sangat mengejutkan, karena obat diabetes ini ternyata justru bisa memicu seseorang terkena gagal jantung.

Seperti dilansir zeenews.india.com, Minggu (29/3), Dr. Jacob Udell, salah seorang ahli yang bergabung dalam penelitian ini menyatakan, pasien diabetes yang rutin mengkonsumsi obat penurun kadar gula ternyata dua kali beresiko terkena gagal jantung.

Kegagalan jantung ini sendiri biasanya diakibatkan oleh jenis terapi atu penyembuhan yang dijalani masing-masing pasien. Mereka yang lebih memilih mengkonsumsi obat akan mengalami resiko penyakit jantung dibandingkan dengan pasien yang menjalani perawatan secara standar (non-obat).

Penyakit gagal jantung merupakan pembunuh nomor satu pada orang yang terkena diabetes. Seperti sudah banyak diketahui, gagal jantung merupakan penyakit yang paling berbahaya karena dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara tepat. Penelitian ini sendiri sudah dipublikasikan di The Lancet Diabetes and Endocrinology, Amerika.(cr3/lya)