Dicerca 20 Pertanyaan, Hakim Sarpin: Itu Rahasia Penyidik

Hakim Sarpin Rizaldi
Hakim Sarpin Rizaldi
Hakim Sarpin Rizaldi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Hakim Sarpin Rizaldi mengaku mendapat masing-masing 20 pertanyaan dari penyidik Bareskrim Polri, saat menjalani pemeriksaan terkait laporannya untuk Komisioner Komisi Yudisial (KY), Suparman Marzuki dan Taufiqqueahman Syahuri. Hakim tunggal yang memenangkan gugatan praperadilan Komisaris Jenderal Budi Gunawan itu diperiksa selama dua jam untuk dua laporan.

“Satu laporan Suparman Marzuki, satu lagi laporan Taufiqqurahman Syahuri,” kata Sarpin di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, (30/03). “Satu laporan ada 20 pertanyaan,” tambahnya.

Menurut Sarpin, puluhan pertanyaan tersebut seputar pencemaran nama baik. Sayangnya Sarpin enggan merinci pertanyaan-pertanyaan tersebut. “Itu rahasia penyidik,” kata hakim kontraversial ini.

Sementara itu, kuasa hukum Sarpin, Aldres Napitupulu, menyatakan masih belum mengetahui kapan kliennya akanmenjalani pemeriksaan lagi. “Sekarang tanya ke penyidik saja. Yang pasti proses hukum lanjut terus dan belum ada permintaan maaf dari yang bersangkutan,” ujar Aldres.


Seperti diberitakan sebelumnya, Hakim Sarpin melalui kuasa hukumnya, Hotma Sitompul, melaporkan dua pemimpin Komisi Yudisial, Suparman Marzuki dan Taufiqqurahman Syahuri, ke Bareskrim pada Kamis, 18 Maret, atas pencemaran nama baik. Nomor laporannya adalah LP/335/III/2015/Bareskrim tertanggal 18 Maret 2015.

Sementara itu, Komisi Yudisial berencana memeriksa Sarpin pada 2 April 2015 mendatang di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Sarpin dipanggil atas dugaan sejumlah pelanggaran etik. Namun dia tetap menolak panggilan tersebut. “Saya sudah bilang tidak akan hadir,” ujar Sarpin. (baca juga: Hakim Sarpin Tantang KY, Suruh ke PN Jakarta Selatan).(res/ril)