Balas Ical, Kubu Agung Gulirkan Angket Lapindo

Yorrys Raweyai
Yorrys Raweyai
Yorrys Raweyai

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kubu Agung Laksono di DPR akan menggulirkan angket kasus Lapindo Brantas sebagai balasan terhadap sikap kubu Aburizal Bakrie alias Ical yang menggalang hak angket untuk Menkumham Yasonna Laoly.

Wakil Ketua Umum DPP Golkar hasil Munas Ancol, Yorrys Raweyai, mengatakan, penggunaan hak angket kasus Lapindo Brantas, di Sidoarjo, Jawa Timur, mereka galang karena Ade Komarudin dan Bambang Soesatyo, selaku ketua dan sekretaris FPG hasil Munas Bali, memaksakan hak angket yang ditujukan kepada Menkumham Yasonna Laoly.

“Ade dan Bambang coba pengaruhi farksi lain untuk hak angket (menkumham). Kami sampaikan bahwa kalau angket mau dipaksakan tidak pada tempatnya. Kita upayakan besok sidang (paripurna) kita galang angket soal lapindo, angket pajak, dan pertambangan,” kata Yorrys saat berada di gedung DPR, Senin (30/3).

Dikatakan Yorrys bahwa upaya menggalang angket ini sebagai bagian dari semangat pemberantasan korupsi. Dalam angket ini mereka akan pertanyakan kepada pemerintah soal dana yang telah digelontorkan untuk membantu para korban semburan lumpur panas Lapindo, efektif atau tidak.


“Kita tanyakan ke pemerintah bahwa dana yang diberikan persoalan kemanusiaan ke (korban) Lapindo kami setuju. Tapi apakah rakyat terselamatkan, tapi pengusahanya menikmati itu? Ini kan uang rakyat. Pemerintah menanggulangi karena kesengsaraan masyarakat,” tegasnya. (fat/jpnn/one)