17 Warga Bekasi Terduga ISIS Dicekal

ISIS
ISIS. Foto: Ist
ISIS. Foto: Ist

POJOKSATU.id, BEKASI – Sedikitnya 17 warga Bekasi, Jawa Barat dicekal karena diduga terkait dengan kelompok ISIS. Nama 17 orang tersebut telah diajukan polisi ke Imigrasi Bekasi untuk dicegah bepergian keluar negeri.

“Kita ada kerja sama dengan Polresta Bekasi. Kita saling tukar informasi terkait adanya dugaan anggota ISIS melakukan permohonan paspor di Imigrasi,” ujar Kepala Imigrasi I.S. Edy Eko Putranto, Senin (30/3/2015).

Edy belum bisa mempublikasikan nama-nama orang yang dicekal tersebut. Sebab status hukum mereka masih sebatas terduga saja dan belum ada tersangka. “Kami tidak bisa sampaikan karena baru sebatas dugaan, jumlahnya 16 sampai 17 orang,” imbuh Edy.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan, Bekasi merupakan titik rawan ISIS. Karena itu, Ia mengimbau pada seluruh masyarakat agar melakukan pencegahan terhadap gerakan paham radikal tersebut.


“Saya sudah sampaikan kepada Babinkamtibmas dan unit intelijen Polsek untuk mendeteksi dini gerakan ini,” katanya usai acara peresmian Mapolsek Cikarang Pusat, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Unggung, pencegahan terhadap gerakan paham ISIS harus melibatkan warga sekitar. Para warga pendatang yang baru harus diidentifikasi dengan pasti agar tidak ada pergerakan ISIS yang menyusup masuk ke tengah masyarakat. (mas/one)