Ngeri… 44 Orang Tewas Ditembaki Saat Pemilu di Nigeria

Ilustrasi.
Ilustrasi.

POJOKSATU. id, NIGERIA – Sedikitnya 44 tewas, termasuk legislator dalam serangan yang diduga dilakukan militan Takfiri Boko Haram di kota Miringa, Negara Bagian Borno, bagian timur-laut Nigeria, pada Sabtu (28/3/2015) pagi waktu setempat.

Para ekstrimis Boko Haram membakar rumah-rumah dan menembaki penduduk secara membabi buta saat mereka berusaha menjauhi asap tebal yang menutup area tersebut.

“Mereka mengirim pesan peringatan awal kepada kami untuk tidak mendorong demokrasi dengan berpartisipasi dalam pemilihan hari ini,” kata Mallam Garba Buratai, seorang warga Miringa yang jadi saksi tindak kekerasan Boko Haram, seperti dikutip dari PressTv, Minggu (29/3/2015).

Di hari yang sama, 14 orang lainnya juga terbunuh dalam serangan di kota Biri dan Dukku, Negara Gombe. Seorang anggota parlemen yang diidentifikasi atas nama Umaru Ali, diketahui tewas dalam serangan keji tersebut.


Lebih dari itu, dua pemilih ditembak mati ketika meneriaki militan Boko Haram yang melepas tembakan di TPS di kota kembar Gombe, Birin Bolawa dan Birin Fulani.

Serangan pada Sabtu dilancarkan kurang dari 24 jam setelah militer Nigeria menyatakan telah mengalahkan Boko Haram dan membebaskan Gwoza, yang juga adalah salah satu permukiman di bagian selatan Borno, dari kelompok fanatik itu.(rmol/cr1)