Hari Ini, Jokowi Hadiri Upacara Pemakaman Lee Kuan Yew

Penghormatan terhadap jenazah PM Singapura Lee Kuan Yew. Foto Ist
Penghormatan terhadap jenazah PM Singapura Lee Kuan Yew. Foto Ist
Penghormatan terhadap jenazah PM Singapura Lee Kuan Yew. Foto Ist

POJOKSATU.id, HAINAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mengadiri upacara pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Republik Singapura Lee Kuan Yew di Singapura Minggu (29/03). Jokowi akan didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi.

Hal tersebut dikatakan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.”Bapak Presiden akan menghadiri prosesi upacara pemakaman mantan Perdana Menteri Republik Singapura Lee Kuan Yew di Singapura,” kata Menlu di Hainan, Tiongkok, Sabtu (28/03).

Hanya ibu negara yang bisa mendampingi presiden. Sementara jajaran menteri Kabinet Kerja yang menyertai Presiden Jokowi pada kunjungan kenegaraan di Jepang, Tiongkok, dan Malaysia, akan mendahului ke Jakarta menggunakan penerbangan komersial.

Dalam rombongan tersebut adalah Menko Perekonomian, Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini Suwandi, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, dan Kepala BKPM Franky Sibarani.


Pemerintah Republik Singapura membatasi jumlah tamu negara yang akan menghadiri prosesi pemakaman mantan PM Lee. Ini yang menjadi alasan kenapa para pejabat yang mendampingi presiden tidak bisa ikut.

Kehadiran Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo adalah sebagai tamu negara Singapura pada upacara penghormatan terakhir kepada mantan PM Lee.

Seperti diketahui, mendiang mantan PM Lee adalah teman dekat Indonesia dan dikenal sebagai Bapak Pendiri Singapura modern. Sebagai seorang pemimpin dan negarawan besar yang mencintai rakyatnya mantan PM juga dikenal sebagai salah satu tokoh politik berpengaruh di Asia.

Di bawah kepemimpinannya, Singapura telah berhasil mentransformasikan Singapura menjadi hub ekonomi utama di kawasan Asia dan sejajar dengan negara-negara maju lainnya.(ovy/ril)