Wah! Anggaran Pilkada Serentak Belum Tersedia

Ketua KPU Husni Kamil Manik. Foto: dok.JPNN
Ketua KPU Husni Kamil Manik. Foto: dok.JPNN
Ketua KPU Husni Kamil Manik. Foto: dok.JPNN

POJOKSATU.id, JAKARTA – Meskipun pelaksanaan Pilkada serentak tinggl beberapa bulan lagi, namun masih ada beberapa daerah yang anggarannya belum tersedia.

“Kami sudah tanya informasi beberapa daerah, bahkan ada yang kepala daerahnya bilang anggaran belum 100 persen tersedia, terutama daerah yang masa menjabatnya berakhir semester I 2016,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik di Jakarta, Sabtu (28/03).

Atas situasi tersebut, KPU berharap Kementerian Dalam Negeri bisa memfasilitasi daerah yang belum memiliki anggaran penyelenggaraan pilkada serentak itu. “Apakah APBD direvisi atau ada bantuan APBN dari pusat,” sambung Husni.

Walaupun kondisinya demikian, menurut Husni, ada juga daerah yang mengajukan permohonan agar bisa mengikuti pilkada serentak Desember mendatang. Hingga sekarang, daerah yang terdaftar mengikuti pilkada serentak kurang lebih 271 daerah.


Sayangnya, Husni tak menyebutkan berapa jumlah anggarn yang dibutuhkan KPU untuk penyelenggaraan pilkada serentak ini. Ia berharap KPU di daerah ada kerja sama pemerintah daerah dalam rekrutmen panitia penyelenggara Pilkada.

“Proses rekrutmen panitia yang jadi sorotan penting sehingga mereka yang direkomendasikan seharusnya yang terbaik dan ini tentu jadi salah satu faktor di mana proses yang dilakukan di tingkatan itu bisa menjadi kepercayaan masyarakat,” kata Husni.

Saat ini kata Husni, pihaknya masih fokus para regulasi. Setelah semua itu rampung, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi. (ika/ril)