5 Peristiwa Sejarah Penting Terjadi Hari Ini

Ilustrasi Perang Diponegoro
Ilustrasi Perang Diponegoro
Ilustrasi Perang Diponegoro

POJOKSATU.id, JAKARTA – Hari ini, tepat 443 tahun silam, sebuah gerakan besar terjadi pada masyarakat Belanda. Tepat hari ini juga, seorang ilmuan fisika ternama lahir. Dan beberapa peristiwa sejarah penting lainnya juga terjadi hari ini. Sejarah tak akan pernah mati. Berikut ulasan singkat lima peristiwa penting dalam sejarah hari ini yang disusun POJOKSATU.id.

1. Kebangkitan Nasional Rakyat Belanda

Tanggal 28 Maret 1572, rakyat Belanda memulai gerakan perlawanan secara nasional terhadap raja sekaligus penguasa militer Spanyol yang menduduki kawasan mereka, yaitu Raja Philip II. Sebelumnya, yaitu tahun 1566, kaum protestan Balanda pernah melakukan perlawanan serupa. Akan tetapi, karena tidak adanya kepemimpinan yang efektif, perlawanan tersebut bisa ditumpas habis oleh tentara Spanyol. Pada tahun 1572, kesadaran nasional rakyat Belanda mendorong mereka melakukan perlawanan secara menyeluruh. Akhirnya, rakyat Belanda berhasil meraih kemerdekaan dari pendudukan Spanyol empat tahun berikutnya, yaitu tahun 1576.

2. James Watt Lahir


Sementara itu, di Inggris, pada tanggal dan bulan yang sama di tahun 1736, James Watt, seorang ilmuwan dan inventor Inggris terlahir ke dunia di kota Grink, sebuah kawasan di utara Inggris. Sejak muda, Watt sudah memiliki minat yang sangat besar di bidang riset ilmu-ilmu fisika. Sumbangsih Watt terhadap dunia ilmu pengatahuan yang kemudian menjadi awal revolusi industri di dunia adalah penemuannya atas energi uap. Dengan penemuan energi ini, industri dunia mengalami percepatan yang hebat, karena orang kemudian mampu mengoperasikan lokomotif, kapal laut, dan industri-industri dengan menggunakan energi uap hasil penemuan Watt.

3. Pangeran Diponegoro Diasingkan ke Manado

Tanggal 28 Maret 1830 menjadi catatan penting bagi perjalanan hidup Pangeran Diponegoro (Dipanegara). Saat itu, ia menemui Jenderal de Kock di Magelang. De Kock memaksa mengadakan perundingan dan mendesak Dipanegara agar menghentikan perang. Permintaan itu ditolak Dipanegara. Tetapi Belanda telah menyiapkan penyergapan dengan teliti. Hari itu juga Dipanegara ditangkap dan diasingkan ke Ungaran, kemudian dibawa ke Gedung Karesidenan Semarang, dan langsung ke Batavia menggunakan kapal Pollux pada 5 April.
4. Kelompok Pro-monarki Spanyol Merebut Kekuasaaan

Di Spanyol, pada 28 Maret 1939 menjadi hari yang penting karena kelompok pro-monarki Spanyol di bawah pimpinan Jenderal Fransesco Franco berhasil mengalahkan kelompok pro-republik yang sempat berkuasa beberapa tahun di negeri matador itu. Kemenangan kelompok pro-monarki itu ditandai dengan jatuhnya Madrid, ibu kota Spanyol, ke tangan mereka. Kemenangan jenderal Franco ini mengmbalikan sistem kerajaan di Spanyol sekaligus mengawali masa panjang diktatorisme di negara itu.

5. Operasi Transplantasi wajah pertama di Indonesia

Dalam dunia kedokteran indonesia, tanggal 28 Maret ini menjadi momen penting, karena terjadi operasi transplantasi wajah pertama di Indonesia. Transplantasi wajah adalah suatu proses transplantasi kulit untuk menggantikan kulit wajah pasien dengan kulit donor atau kulit pasien itu sendiri.

Di Indonesia, transplantasi wajah yang pertama dilakukan pada 28 Maret 2006 terhadap pasien bernama Siti Nur Jazilah (22) yang mengalami kerusakan wajah karena disiram air keras. Tim dokter yang melakukan operasi bedah ini adalah tim dokter dari Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo, Surabaya. Tim dokter yang diketuai dr. Moh Saifuddin Noor, beranggotakan 42 dokter. Mereka melakukan operasi selama 42 jam.(ril/dari berbagai sumber)