Tertular Flu Burung di Bogor, Sekeluarga Meninggal

flu burung
flu burung
flu burung

POJOKSATU.id, BOGOR – Tiga orang yang masih satu keluarga meninggal akibat tertular flu burung. Ketiga korban itu yakni Bapak N (40) dan anaknya M, serta kakak ipar N. Warga Perum Puri Permata Taman Buah, Kelurahan Cipondoh, Tangerang, Banten itu diduga tertular virus flu burung di Bogor.

N yang merupakan Pegawai Imigrasi Cabang Kelapa Gading diketahui melakukan kontak langsung dengan unggas yang mati saat berkunjung ke rumah orang tuanya di Bogor. N bersama anaknya berangkat ke Bogor pada tanggal 8 Maret 2015.

Saat berkunjung, beberapa uanggas yang dipelihara orang tuanya di Bogor mati. N dan anaknya sempat menyentuh beberapa unggas yang mati. Saat itulah, N diduga tertular flu burung.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tangerang, Iis Aisyah Rodiah, mengatakan, pada tanggal 17 Maret, anak N, yakni M mengalami sakit panas dan dirawat di Eka Hospital, lalu dipindahkan ke RS Persahabatan. Kemudian pada tanggal 21 Maret, N pun mengalami sakit yang serupa dan dirawat di RS Husada Insani Tangerang.


Pada tanggal 24 Maret, N meninggal dunia dan dimakamkan di TPU Sepajang. Dua hari kemudian, yakni tanggal 26 Maret pukul 04.30 WIB, M menyusul ayahnya dan dimakamkan di TPU Selapajang Jaya. “Kakak Ipar korban yang tinggal tidak jauh dari rumah orang tuanya pada 26 Maret juga meninggal dunia,” ujar Iis, Jumat (27/6/2015).

Iis menambahkan, pihaknya telah melakukan berbagai langkah preventif untuk mencegah timbulnya korban lebih jauh dengan melakukan operasi pasar. Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Ini wujud komitmen pemkot untuk terus melakukan edukasi dan komunikasi dengan masyarakat,” pungkasnya. (one)