Rumah Baca Gratis Hadir di Bogor

Anak-anak tampak ceria di rumah baca gratis
Anak-anak tampak ceria di rumah baca gratis
Anak-anak tampak ceria di rumah baca gratis

POJOKSATU.id, BOGOR – Keberadaan Rumah Baca di sebuah kampung adalah solusi untuk mencerdaskan masyarakat melalui baca, tentunya sewa gratis. Contohnya adalah perpustakaan umum gratis milik Ali Yusuf (25) yang diberi nama Rumah Baca Ash Shibyan.

Rumah Baca yang beralamat di Kp. Babakan Cikeas RT. 05/03 Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang itu berdiri 2 tahun lalu. Rumah baca tersebut gratis untuk anak-anak yang ingin menambah pengetahuan lewat baca buku.

“Waktu itu saya display beberapa buku di sebuah majelis (ruangan belajar anak mengaji) dengan rak mini. Dari situlah kemudian sedikit-demi sedikit anak-anak mulai berdatangan untuk sekedar lihat dan baca. Semakin hari, pengunjung semakin banyak mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, karyawan swasta, pelajar, mahasiswa, dan orangtua dari lingkungan sekitar, bahkan dari luar desa sentul,” tutur pria yang mengaku lulusan perbankan itu.

Pegunjungpun tercatat 400 di bulan kedua. Karena itulah, melalui upayanya, banyak buku yang terkumpul dari donatur. Saat ini ada sekitar 400 judul koleksi buku. “Alhamdulillah, ada banyak yang nyumbang mulai dari 1 sampai puluhan judul buku,” tambahnya.


Akhir-akhir ini pengunjung kian menurun karena belum ada tambahan koleksi buku baru. Ditambah kondisi ruangan yang bocor belum diperbaiki. Namun begitu, Rumah Baca itu tetap berjalan.

“Semntara, buku saya display di rumah. Kalau pembaca sendiri saat ini dari teman-teman yang main ke rumah atau ada juga pesan pada saat pertemuan untuk pinjam,”

Ali berharap, Rumah Bacanya terus bertahan dan dapat melayani masyarakat khususnya anak-anak sebagai generasi yang harus lebih baik ke depan melalui baca. (cr2).