PAN Ogah Ikut-ikutan Hak Angket

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen JPNN.com/pojoksatu.id
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen JPNN.com/pojoksatu.id
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen JPNN.com/pojoksatu.id

POJOKSATU.id, JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) tidak mau ikut-kutan dalam mendukung hak angket yang diajukan DPR untuk Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan, partainya tidak ingin membuat gaduh politik tanah air. Karena itu PAN memutuskan tidak ikut dalam hak angket DPR. Kalau pun ada dua anggota PAN yang ikut dalam pengusulan hak angket, kata Zukifli itu merupakan hak konstitusional anggota.

“Itu hak sebagai anggota DPR, tapi secara kepartaian PAN tidak ikut,” kata Zulkifli di Gedung DPR, Senayan, Kamis (26/03).

Meskipun ada dua anggota FPAN yang ikut tanda tangan, kata Zulkifli DPP belum mengambil tindakan terhadap anggota tersebut. Diketahui, dua anggota Fraksi PAN yang ikut menandatangani dokumen angket adalah Teguh Juwarno (sekretaris FPAN) dan Dewi Coryati (bendahara fraksi).

Seperti diketahui, anggota DPR dari Koalisi Merah Putih (KMP) mengajukan hak angket melalui pimpinan DPR. Hak angket itu terkait kebijakan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly yang menerbitkan SK pengesahan kepengurusan Partai Golkar Pimpinan Agung Laksono. Kebijakan ini dianggap bertentangan dengan UU Politik dan melampaui kewenangannya. (rmn/ril).