Bahaya! Es Batu Oplosan Mengintai Warga Jakarta

Ilustrasi Pejual Es Balok
Ilustrasi Pejual Es Balok
Ilustrasi Pejual Es Balok

POJOKSATU.id, JAKARTA – Bahaya mengintai dibalik kilau bening dan dinginnya es balok yang beredar di Jakarta. Baru-baru ini, masyarakat dikagetkan dengan berita penemuan pabrik pembuat es batu, yang bahan dasar pembuatannya air kali kotor di Kali Malang. Diketahui pabrik ini bukan hanya mengolah es batu balok dari air tak matang, namun juga mencampur dengan zat-zat kimia berbahaya. Tujuannya, menciptakan es batu balok yang bening, sehingga tak membuat pembeli curiga.

Terungkapnya sindikat pembuat es batu berbahaya setelah jajaran Polsek Setia Budi menemukan kejanggalan pada es batu yang dijual di sebuah warung yang ada di Jalan Setia Budi I, Kelurahan Karet, Jakarta. Untuk menelusuri kasus ini, polisi menahan dua tersangka pemilik pabrik pembuat es, berinisial DD, 55 tahun, dan AL, 55 tahun, yang bertugas mengambil air di Kali Malang.

Dari penelusuran Polisi, diketahui pabrik pembuat es batu berbahaya ini bernama PT EU, beralamat di Jakarta Timur.  Konon pabrik ini sudah beroperasi selama 15 tahun. Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombespol Wahyu Hadiningrat menuturkan, setelah kasus ini terungkap, pabrik itu ditutup.

Menurut Wahyu, kasus ini mulai tercium, setelah ada banyak warga yang melapor ke Polsek Setia Budi, tentang gejala keracunan yang dialami usai mengomsumsi es batu, yang dijual seorang agen es batu di Jalan Setia Budi I.


“Setelah kita ambil sampel dari penjual dan kita bawa ke lab, hasilnya positif es batu di sana mengandung zat kimia,” ujar Kapolres, pada Kamis, (26/03). (son/ril)