Akhirnya KPK Limpahkan Kasus Sutan ke Pengadilan

Sutan Bhatoegana
Sutan Bhatoegana
Sutan Bhatoegana

POJOKSATU.id, JAKARTA – Setelah semua berkas lengkap, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya resmi melimpahkan kasus mantan Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana ke pengadilan untuk disidangkan.

“Benar KPK hari ini telah melimpahkan berkas perkara atas nama SBG ke pengadilan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi, Kamis (26/03).

Belum diketahui pasti, kapan sidang Sutan akan dimulai. “Belum (ada jadwal). Kan baru masukin hari ini,” beber Priharsa.

Kuasa hukum Sutan menyayangkan pelimpahan tersebut. Mereka menduga pelimpahan menjadi taktik KPK untuk menggugurkan praperadilan yang kubu Sutan ajukan.


“Kecurigaan ini apakah KPK punya strategi supaya praperadilan ini digugurkan. Kalau itu terjadi, P21. Ini skenario jahat untuk menghilangkan hak hukum Sutan,” kata Pengacara Sutan, Eggi Sudjana.

Sebelumnya, KPK memang sempat menyebutkan kemungkinan gugurnya praperadilan Sutan. Praperadilan Sutan akan digugurkan bila berkas penyidikan dilimpahkan ke pengadilan.

“Sesuai undang-undang pasal 82 ayat 1 KUHAP, ketika berkas dilimpahkan ke tingkat pengadilan, maka dengan sendirinya gugatan praperadilan yang diajukan pemohon akan gugur,” kata Kepala Biro Hukum KPK Chatarina Girsang, Rabu (25/03).

Meski begitu, Chatarina mengatakan ada beberapa versi dalam penetapan pasal ini. Satu versi menyebutkan pasal berjalan ketika perkara sudah digelar di pengadilan. Ada pula yang menyebutkan aturan berlaku bila berkas sudah dilimpahkan.

Menurutnya, sidang praperadilan Sutan akan tetap berjalan. Namun, KPK akan menyerahkan surat pelimpahan kepada pengadilan yang menyelenggarakan praperadilan. Putusan membatalkan, atau tidak, ada di tangan hakim praperadilan. (sur/ril)