Hati-Hati, Sering Marah Bikin Jantung Rusak

zodiak menyalahkan orang lain, zodiak
Ilustrasi. Foto : Int
Ilustrasi. Foto : Int
Ilustrasi. Foto : Int

POJOKSATU.id – Sebuah penelitian membuktikan bahwa rasa marah yang berebihan dapat memicu naiknya produksi toksin dalam tubuh yang mengakibatkan seseorang menjadi susah tidur dan rentan terkena serangan jantung. Selain itu, marah yang berlebihan juga dapat mengakibatkan seseorang terkena stroke, makan berlebihan, dan terhambatnya produksi hormone insulin yang dapat menyebabkan diabetes.

“Marah tidak baik untuk kesehatan tubuh kita,” ujar Redford Williams, Direktur Behavioral Medicine Research Center di Duke University Medical Center seperti dilansir The Well Street Journal, Selasa (24/3).

Rasa marah yang berlebihan dapat memicu masuknya hormon adrenalin dan kortisol ke dalam aliran darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung, tekanan gula darah, dan turunnya metabolisme. Seperti banyak diketahui, adrenalin merupakan hormone yang bisa memicu kita untuk bertindak lebih agresif, terlebih saat marah.

Menurut Dr. William, rasa marah yang disimpan secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada jantung. Meningkatnya adrenalin dan kartisol juga dapat menaikkan tekanan darah dan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Hal ini dapat merusak pembuluh darah yang bisa berakibat meningkatnya produksi lemak dalam tubuh.


“Penelitian ini sangat bermanfaat bagi kita karena membuktikan bahwa rasa emosional yang berlebihan dapat memicu terjadinya serangan jantung,” tulis para peneliti.

“Duduk rileks atau berbaring ketika sedang marah adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredam emosi,” tandas Karina Davidson, Direktur di Center for Behavioral Cardiovascular Health di Columbia University Medical Center.(cr3/lya)