Wah! 28 Maret Nanti Jakarta Gelap Gulita?

Earth hour Jakarta 2009

Earth hour Jakarta 2009

Earth hour Jakarta 2009

POJOKSATU.id, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Earth Hour 2015, Jakarta akan mengalami pemadaman listrik di malam hari. Ini menjadi salah satu kampanye hemat energi listrik dilakukan dengan memadamkan lampu jalan dan gedung. Setiap tahunnya, kampanye global ini akan berlangsung 28 Maret pukul 20.30 WIB – 21.30 WIB.

“Semua akan dipadamkan, termasuk lampu jalan. Tetapi yang rawan tidak kami padamkan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Haris Prindatno, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (25/03).


Prindatno yakin, pemadaman tidak mengganggu aktifitas, karena kampenya itu dilakukan Hari Sabtu, saat sepi aktivitas kerja dan sekolah.

“Pelaksanaan Earth Hour ini sebagai bentuk imbauan prilaku hemat energi. Kami mengajak semua pihak, Pemda harus beri contoh, Walikota juga beri contoh,” ujarnya.

Selama beberapa trahun terakhir, energi yang bisa dihemat dalam aksi ini terus meningkat hingga 253 mega watt. “Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih besar,” katanya.

Seperti diketahui, Earth Hour merupakan aksi serentak yang dilakukan individu, komunitas,  korporasi, dan pemerintah di seluruh dunia dalam usaha mengurangi laju  pemanasan global dan dampak perubahan iklim.

Earth Hour diadakan secara global pertama kali pada tanggal 28 Maret 2008 mulai pukul 20.00 sampai 21.00 waktu setempat. Dengan 35 negara yang berpartisipasi melalui kota utamanya dan dukungan dari 400 kota lainnya, Earth Hour 2008 berhasil diselenggarakan di semua benua di dunia. Sejumlah markah tanah ternama di dunia ikut memadamkan lampu, seperti Sydney Opera House (Sydney, Australia), Empire State Building (New York City, AS). (fzn/ril)