Kemensos Anggarkan Rp 170 Miliar Untuk Penanganan Bencana

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Apel Siaga Bencana bersama Mentri Sosial

POJOKSATU.id, BOGOR – Kementerian Sosial (Kemensos) menganggarkan Rp170 miliar untuk penanganan bencana. Anggaran ini akan distok ke tiga region, yaitu Jakarta, Makassar, dan Palembang.Demikian dikatakan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri HUT ke-11 Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Desa Babakan, Kecamatan Citeureup, Selasa (24/3).

“Angka ini dirasa cukup dan sesuai dengan tanggung jawab kami,” ujarnya kepada wartawan, kemarin (24/3).

Anggaran itu, kata dia, akan digunakan untuk penyediaan tenda pengungsi, dapur umum, logistik bahan dan peralatan makanan, kidware, familiy kids, dan matras. Meski demikian, leading sektornya secara penuh tetap di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).


Khofifah juga mengapresiasi kinerja relawan Tagana dalam membantu korban bencana selama ini. Kata dia, para relawan ini selalu lebih awal tiba di lokasi.

“Tagana sampai ke lokasi satu jam setelah bencana. BNPB tiga jam, sedangkan PMI empat jam setelah bencana,” terangnya. Tagana, kata Khofifah, berada di bawah Kemensos.

Politisi PKB ini menerangkan, ada 27 ribu personel Tagana di Indonesia yang siap membantu kondisi kedaruratan.
“Saat ini, Kemensos juga memperbanyak Kampung Siaga Bencana (KSB) di Indoensia. KSB telah tersebar sebanyak 279 di kabupaten dan kota. KSB diharap dapat jadi forum kesiapsiagaan menghadapi bencana,” tandasnya.(radar bogor/azi/lya)