6 Jenis Beasiswa DIKTI 2015

beasiswa dikti
beasiswa dikti
Beasiswa
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Beasiswa dikti 2015 diberikan oleh pemerintah untuk mahasiswa berprestasi, jenjangnya dari D3, S1, S2, S3. Beasiswa ini memberikan kuliah gratis dan uang saku perbulan.

Seperti dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), beasiswa dikti dibagi dalam 6 jenis. Apa sajakah itu? Berikut 6 jenis beasiswa dikti:

1. Beasiswa Bidik Misi DIKTI

Beasiswa bidik misi diperuntukkan bagi calon mahasiswa berprestasi yang kurang mampu, tujuannya adalah untuk membenahi pendidikan di Indonesia agar pendidikan di Indonesia dapat menjadi alat pemutus rantai kemiskinan, dan melanjutkan hidup lebih layak. Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi dapat dilakukan sejak pertama kali masuk dengan kata lain beasiswa yang diberikan 100%. Pendaftaran dan persyaratan dapat akses situs resmi di bidikmisi.dikti.go.id.


2. Beasiswa BBM DIKTI

Beasiswa BBM dikti ini tak jauh beda dengan beasiswa bidik misi. Perbedaannya hanya, beasiswa ini diberikan setelah anda masuk kuliah dan dibuktikan dengan IPK. Beasiswa ini diberikan untuk jenjang S1 dan S2.

3. Beasiswa PPA DIKTI

Beasiswa ini sama dengan beasiswa BBM, namun beasiswa ini lebih diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki banyak prestasi.Untuk mendaftar beasiswa ini, anda dapat cek di situs resmi kampus anda.

4. Beasiswa Dalam Negeri DIKTI

Beasiswa ini diberikan untuk jenjang S2 untuk mahasiswa S1 yang berprestasi. Biaya ini hanya diberikan untuk pendidikan, tidak mendapat tunjangan bulanan. Untuk mendaftar bisa mengakses situs resminya di beasiswa.dikti.go.id.

5. Beasiswa Luar Negeri DIKTI

Beasiswa luar negeri dikti sama dengan beasiswa dalam negeri dikti, diberikan pada mahasiswa S1 yang berprestasi untuk melanjutkan ke jenjang S2 di luar negeri. Untuk mengikuti beasiswa ini, syarat utamanya yaitu dapat berbahasa Inggris secara mahil dengan nilai toefel minimal 500.

6. Beasiswa Talent Scouting DIKTI

Beasiswa ini diberikan untuk para dosen yang ingin mengembakan kemampuan riset dibidang ilmu kajian untuk melanjutkan kuliah S2dan S3 ke luar negeri. Informasi pendaftaran silahkan cek di beasiswa.dikti.go.id/talentscouting. (zul)