PKS: Bisa Saja Budi Gunawan Wakil, Badrodin Kapolri

Aboebakar Alhabsy
Aboebakar Alhabsy
Aboebakar Alhabsy

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sejumlah fraksi, termasuk PDIP sendiri di DPR, masih keberatan dengan pencalonan Komjel Pol Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Namun keberatan itu hanya butuh penjelasan dari Presiden Joko Widodo, terkait pembatalan Komjen Budi Gunawan.

PKS, partai yang tergabung di dalam Koalisi Merah Putih (KMP), tidak mempermasalahkan soal batalnya pelantikan Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri.

“Kita tidak mempermasalahkan karena usulan itu adalah Hak Prerogatif Presiden,” ujar Anggota Komisi III DPR Fraksi PKS Aboe Bakar Alhabsy, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (23/03).

Meski begitu, Alhabsy menilai Presiden harus memberi penjelasan kenapa Komjen Budi batal dilantik. “Tapi nanti kita lihat penjelasan dari Presiden di suratnya. Kalau memuaskan, kita lanjut bahas,” kata dia.


Proses uji kelayakan dan kepatutan Budi Gunawan kata Alhabsy tidak boleh disia-siakan. Bisa saja untuk tetap mengakomodir Budi di posisi pimpinan Polri. “Bisa saja kan Badrodin Kapolri, Budi Gunawan Wakapolri,” ujar dia.

Seperti diketahui, Presiden Jokoei menunjuk Komjen Badrodin Haiti sebagai calon tunggal menggantikan Komjen Budi Gunawan. Presiden menunjuk Badrodin setelah Budi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap oleh KPK. Budi tak dilantik meski sidang praperadilan memutuskan status tersangkanya cacat hukum. (ydh/ril)