7 Kecelakaan Pesawat Komersial Setahun Terakhir

Ilustrasi kecelakaan pesawat
Ilustrasi kecelakaan pesawat
Ilustrasi kecelakaan pesawat

POJOKSATU.id – Kecelakaan pesawat komersial selama satu tahun terakhir menyita perhatian publik. Betapa tidak, jumlah korban jatuh cukup banyak. Dari 7 kecelakaan pesawat yang terjadi sejak pertengahan 2014 hingga Maret 2015, jumlah penumpang dan kru pesawat yang tewas mencapai 1.044 orang. Sebagian di antaranya hilang dan tak ditemukan hingga sekarang.

Berikut ini 7 kecelakaan pesawat selama satu tahun terakhir:

1. Germanwings

Pesawat Airbus A320 milik maskapai penerbangan murah Germanwings jatuh di lembah Pegunungan Alpen, di Prancis selatan saat berangkat dari Bandara Barcelona, Spanyol pada Selasa, (24/3/2015). Presiden Prancis, Francois Hollande mengatakan, 148 orang yang ada di dalam pesawat berusia 24 tahun itu diperkirakan tewas.


2. Air Alegrie

Pesawat Air Alegrie dengan nomor penerbangan AH 5017 hilang kontak dengan menara pengawas pada Kamis (24/7/2014). Sehari kemudian, pada 25 Juli 2014, komandan militer Burkina Faso melaporkan bahwa pihaknya telah menemukan puing-puing pesawat di perbatasan antara Mali dan Burkina Faso, Afrika. Pesawat yang membawa 110 penumpang dan 6 kru itu ditemukan hangus terbakar dan berserakan di mana-mana.

3. AirAsia

Pesawat AirAsia QZ8501 penerbangan Surabaya-Singapura dinyatakan hilang kontak pada 28 Desember 2014. Pesawat yang membawa 155 Penumpang dan 7 awak pesawat tersebut jatuh di perbatasan Laut Jawa bagian utara dan Selat Karimata, Kalimantan Tengah. Semua penumpang tewas, bahkan beberapa di antaranya belum ditemukan hingga sekarang.

4. TransAsia

Pesawat TransAsia mengalami kecelakaan tak lama setelah lepas landas dari Bandara Songshan di Taipei Utara, Taiwan pada 4 Februari 2015. Pesawat itu jatuh ke Sungai Keelung, Taiwan. Pesawat yang melakukan perjalanan ke Pulau Kinmen, membawa 58 penumpang termasuk 5 awak. Sebanyak 32 orang di antaranya tewas.

5. Malaysia Airlines MH370

Malaysia Airlines dinyatakan hilang kontak pada Sabtu, 8 Maret 2014. Pesawat tersebut mengangkut 227 penumpang dan 12 kru pesawat. Hingga saat ini pesawat masih dinyatakan hilang. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencari bangkai pesawat, namun belum membuahkan hasil. Bahkan serpihan kecil pesawat pun tak pernah kelihatan hingga sekarang.

6. Malaysia Airlines MH17

Kurang dari 5 bulan setelah raibnya Pesawat Malaysia Airlines MH370, publik dunia kembali dikejutkan dengan berita jatuhnya Ppesawat Malaysia Airlines MH17. Pesawat yang mengangkut 283 penumpang dan 15 kru itu jatuh setelah ditembak rudal di Desa Hrabove, Ukraina bagian timur pada 17 Juli 2014. Semua penumpang tewas.

7. Sepahan Air Iran

Pesawat Sepahan Air Iran 140 jatuh pada Minggu 10 Agustus 2014 di daerah pemukiman penduduk dekat bandara, yakni Blok Azad di Mina 6 Boulevard. Pesawat tersebut mengangkut 48 orang penumpang. Semua penumpang tewas, sedangkan 3 orang penduduk setempat mengalami luka bakar. Diduga pesawat alami kecelakaan karena mesin pesawat mati. (one)

Lihat video kronologi pesawat Germanwings di bawah ini:

[su_youtube_advanced url=”https://youtu.be/MjnNtH9dkdU” rel=”no”]http://youtu.be/b0gwcupRUHo[/su_youtube_advanced]