Soal Kisruh PPP, Menkumham Akan Dilaporkan ke Polisi

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Setelah sebelumnya digugat pengurus Partai Gokar kubu Aburizal Bakri ke Mahkamah Agung, kini giliran Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kubu Djan Faridz yang berencana melaporkan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly ke Bareskrim Polri.

Pasalnya, Yasonna bersikukuh enggan mengesahkan kepengurusan PPP versi Muktamar Jakarta tersebut. Perkara yang sama juga yang membuat Partai Golkar melakukan upaya hukum.

“Ada rencana kami untuk melaporkan, Ya salah satunya itu (ke Bareskrim Polri),” kata Triana H Djemat, Ketua Bidang┬áHukum dan HAM DPP PPP kubu Djan Faridz, di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Senin (23/03).

Menurut Triana, Menkumham diduga melanggar Pasal 421 KUHP. Inilah yang menjadi dasar laporan mereka kepada kepolisian. Yasonna diduga telah menyalahgunakan kekuasaan dengan menolak mengesahkan kepengurusan PPP kubu Djan Faridz.


“Kami akan laporkan karena ini suatu perbuatan penyalahgunaan kekuasaan. Itu merupakan salah satu kejahatan jabatan yang bisa dikenakan pidana pasal 421 KUHP,” tegasnya.(man/jas/ril)