Mahasiswa Banting Meja di Ruang Rapat DPRD

Rapat dengan pendapat berakhir ricuh setelah mahasiswa membanting meja
Rapat dengan pendapat berakhir ricuh setelah mahasiswa membanting meja
Rapat dengan pendapat berakhir ricuh setelah mahasiswa membanting meja

POJOKSATU.id, KENDARI – Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara, membanting meja saat melakukan rapat dengar pendapat dengan para anggotra dewan di ruang rapat DPRD Kolaka, Senin (23/3/2015). Aksi tersebut membuat suasana ruangan rapat mendadak ricuh.

Petugas keamanan yang berjaga langsung bereaksi. Mereka memaksa mahasiswa segera keluar dari ruangan. Aksi saling dorong pun tak terhindarkan hingga nyaris terjadi adu jotos antara mahasiswa dan aparat keamanan.

Mahasiswa membanting meja karena kecewa dengan sikap DPRD Kolaka yang tidak konsisten dalam mengawal aspirasi mahasiswa dan masyarakat Kolaka untuk membentuk panitia khusus (pansus). Mahasiswa menilai,  pansus harus dibentuk untuk mengawal dan mengevaluasi pembangunan pabrik nikel milik PT VALE Indonesia di Kolaka.

“Teman-teman kecewa karena anggota DPRD ini tidak konsisten dalam perencanaan mengawal aspirasi kami,” tegas Ketua HMI Kolaka, Hasrul, Senin (23/3/2015).


Setelah membanting meja, anggota DPRD berusaha menenangkan para mahasiswa. Selanjutnya, rapat dengar pendapat kembali dilanjutkan. “Kami hanya menagih janji DPRD, yaitu pembentukan pansus. Kenapa hari ini belum terlaksana,” kata Hasrul.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kolaka, Syaripuddin Rantegau, menjelaskan bahwa untuk menggagas terbentuknya pansus pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemda Kolaka. “Hari Rabu pekan depan kita melakukan pertemuan bersama pihak terkait untuk membentuk pansus,” tuturnya. (one)