Bogor Bakal Sulap Minyak Jelantah Jadi BBM

trans pakuan
Bus Trans Pakuan

 

POJOKSATU. id, BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor lewat Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH), bakal memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan baku pembuatan energi biodiesel untuk digunakan pada Bus Trans Pakuan.

Kepala BPLH, Lilis Sukartini mengatakan, saat ini program tersebut masih dalam kajian dalam kurun waktu 4 bulan. Pasokan minyak jelantah dari masyarakat juga untuk sementara dihentikan selama proses kajian.

Lilis menambahkan, dari kajian sejauh ini asap yang dihasilkan dari kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak jelantah tergolong ramah lingkungan.


“Salah satu yang kita ialah pengaruh minyak jelantah ini pada kondisi mesin dan komponen mobil. Kalau dari karbon monoksida (CO) ada di angka 20,3 persen. Masih cukup ramah lingkungan kok,” ujarnya, Senin (23/3/2015).

Khusus untuk pengaruhnya pada kondisi mesin, Lilis mengatakan pihaknya terus melakukan kajian untuk keawetan mesin Bus Trans Pakuan.

“Untuk mesin mempercepat kerusakan atau tidak, jadi dipending dulu untuk masyarakat yang  berkontribusi 1 liter 4 ribu. Tetapi untuk hibah kita masih terima,” tutupnya.(cr1)