Gawat, 500 WNI Sudah Gabung ISIS

ISIS
Ilustrasi
500 WNI sudah gabung ISIS
Militer ISIS

POJOKSATU.id – Sedikitnya 500 warga nasional Indonesia (WNI) diduga sudah gabung dengan ISIS. Data itu sesui dengan jumlah WNI yang meninggalkan Indonesia tanpa tujuan jelas.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, tidak tertutup kemungkinan mereka punya tujuan untuk bergabung dengan ISIS. “Hampir 500 orang. Di intelijen itu terdata dan terpadu sudah melakukan deteksi dini, itu gelombangnya cukup besar,” tutur Tjahjo, Senin (23/3/2015).

Dikatakan Tjahjo, banyak WNI yang pergi keluar negeri dan tidak berniat lagi kembali ke Tanah Air. Padahal, awalnya para WNI tersebut hanya pergi umrah atau mengunjungi situs-situs peninggalan Islam di Timur Tengah.

Menurut Tjahjo, pemerintah tidak bisa melarang WNI ke Timur Tengah. Pemerintah juga tidak bisa melarang warga mengajukan izin umrah. “Jika dia tidak tersangka, kan tidak bisa dicekal,” tuturnya.


Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Rikwanto mengungkapkan pemerintah tengah mengupayakan deportasi 16 WNI yang ditangkap otoritas Turki saat hendak menyeberang ke Suriah. Mereka disebut-sebut bakal bergabung dengan kelompok ISIS. (one)