5 Fakta Sejarah Terjadi Hari Ini

Benito Mussolini, pendiri gerakan fasisme di Italia
Benito Mussolini, pendiri gerakan fasisme di Italia
Benito Mussolini, pendiri gerakan fasisme di Italia. bookcoverimgs.com

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sejarah, mesti telah terjadi puluhan bahkan jutaan tahun silam, tak akan pernah mati. Catatan sejarah menjadi sebuah penanda zaman atas peradaban di muka bumi. Peristiwa-peristiwa penting ini menjadi acuan bagi manusia, untuk mempelajari sesuatu hal di masa kini dan masa depan. Dan karena itu, Pojoksatu.id merangkum lima peristiwa sejarah yang terjadi hari ini, (23 Maret), terjadi dari tahun ke tahun. Berikut ulasan singkatnya:

1. Penemuan Galaksi Mata Hitam

Dari dunia ilmu pengetahun antaraiksa, momen menjadi penting, dimana Galaksi Mata Hitam (juga disebut Messier 64, M64, atau NGC 4826) ditemukan oleh Edward Pigott pada 23 Maret 1779, dan secara independen oleh Johann Elert Bode pada tanggal 4 April tahun yang sama, serta oleh Charles Messier pada tahun 1780.

Galaksi ini memiliki sebuah jalur gelap menyerap debu spektakuler di depan inti cerah galaksi, sehingga menimbulkan julukan “Mata Hitam” atau “Mata Setan”. M64 terkenal di kalangan astronom amatir karena penampilannya di teleskop kecil. Ini adalah galaksi spiral di rasi bintang Coma Berenices.


2. Gerakan Fasisme Dimulai

Mungkin ini catatan sejarah yang semua umat manusia tidak menyetujuinya. Pada 23 Maret tahun 1919, gerakan fasisme di Italia didirikan oleh Benito Mussolini. Fasisme adalah sebuah gerakan politik otoritarian yang dikembangkan di Italia dan beberapa negara Eropa lainnya sebagai reaksi atas perubahan politik dan sosial, sebagai akibat dari PD I serta meluasnya sosialisme dan komunisme.

Nama fasisme berasal dari kata “fasces” yaitu simbol kekuasaan Romawi kuno, yang terdiri dari seikat tangkai dan sebuah kapak. Partai Fasis Italia berkembang dengan cepat dan hingga tahun 1921, telah memiliki 300.000 anggota.

Pada tahun itu pula, partai ini berhasil menghantarkan 35 anggotanya sebagai anggota parlemen. Pada tahun 1922, Musolini diangkat sebagai perdana menteri Italia. Pemerintahan berideologi fasis bersifat nasionalis ekstrim, melakukan teror, menciptakan budaya takut, militerisme, hegemoni, penjinakan ideologi tertentu, merepresi para oposan, serta amat bergantung pada kharisma seorang pemimpin. Ideologi serupa diterapkan Adolf Hitler di Jerman. Ideologi ini telah menyeret umat manusia dalam perang besar yaitu PD II.

3. Peristiwa Bandung Lautan Api

Peristiwa sangat penting di tanah air juga terjadi pada tanggal 23 Maret. Momen ini dinamakan Peristiwa Bandung Lautan Api, adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung, provinsi Jawa Barat pada 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.
4. WMO Didirikan

Selain penemuan Galaksi Mata Hitam, pada tanggal 23 Maret 1950 juga terjadi peristiwa penting di bidang kemetereologian, yakni pendirian The World Meteorological Organization atau WMO, sebuah organisasi metereologi dunia di bawah naungan PBB. WMO beranggotakan 187 negara dan teritorial. WMO memainkan peranan internasional untuk memonitor dan melindungi lingkungan melalui berbagai programnya, seperti program pengawasan cuaca dan iklim dunia serta program hidrologi dan sumber air. Hari berdirinya WMO, yaitu tanggal 23 Maret, dijadikan Hari Meterologi Sedunia.

5. Bencana Aeroflot Penerbangan 593

Dari dunia penerbangan, terjadi sebuah kecelakaan yang sangat disayangkan. Sebab kejadian ini agak lucu. Bencana Aeroflot Penerbangan 593 adalah sebuah kecelakaan pesawat yang terjadi tanggal 23 Maret 1994 yang melibatkan pesawat penumpang Aeroflot Airbus A310-304, dengan kode registrasi F-OGQS. Pesawat jatuh di perbukitan Siberia dengan korban tewas seluruh 75 penumpang termasuk kru. Dari perekam suara kokpit diketahui bahwa anak sang pilot yang masih berumur 15 tahun, Eldar Kudrinsky, mengendalikan kontrol pesawat pada awal insiden dan secara tidak sengaja mengaktifkan suatu fitur otomatis dari autopilot A310. Pilot tidak menyadari hal tersebut dan tidak ada alarm yang bisa menginformasikan pilot akan hal itu. (ril/dari berbagai sumber)