Rumah Pendana ISIS Dijaga Ketat Densus 88

Densus 88 Berjaga dirumah Terduga anggota jaringan ISIS
Densus 88 Berjada dirumah Terduga ISIS. foto: detikcom
Densus 88 Berjada dirumah Terduga ISIS

POJOKSATU. id, JAKARTA – Sebuah rumah di Perumahan Legenda Wisata Zona Vivaldi, Cibubur, Bogor ‎milik M Amin Mude yang diduga terkait dengan Islamic State of Iraq ans Syria (ISIS) digeledah tim Densus 88 Polri dan Subdit Jatarnas Ditreskrimun Polda Metro Jaya, Minggu (22/3/2015).

Dilansir dari detikcom, sejumlah anggota Densus 88 bersenjata laras panjang lengkap dengan seragam hitam-hitam dan penutup wajah berjaga-jaga di depan rumah cluster bercat hijau itu.

Seorang wanita becadar bersama tiga anak di bawah umur duduk di luar rumah yang ditaksir senilai Rp 500 juta itu. Wanita tersebut menangis ketika rumahnya digeledah.

Saat peenggeledahan berlangsung, Ketua RT setempat ikut menemani tim Polda Metro Jaya itu.


Belum diketahui penggeledahan ini terkait apa, namun yang pasti Amin sebelumnya pernah ditangkap dan digeleedah polisi. Seorang perwira polisi di lokasi mengatakan, Aminudin ditangkap berkaitan dengan pendanaan ISIS.

“Aminnya sudah ditangkap,” ucap seorang anggota yang enggan disebut namanya.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan yang memimpin penggerebekan mengatakan, Amin ditangkap berkaitan dengan ISIS.

“Ini ada rangkaiannya di 3 lokasi lain. Dia memfasilitasi WNI yang mau ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS,” jelas Herry kepada wartawan di lokasi, Minggu (21/3/2015).

Saat itu, Aminudin menampung 16 orang Makassar, Sulawesi Selatan yang hendak berangkat ke Suriah. Setelah pemeriksaan polisi, Aminudin sempat dilepaskan karena tidak ada jeratan pidana yang bisa memenjarakannya.

“Dulu rumah itu pernah digeledah juga dan bapaknya sudah dilepaskan. Kok digeledah lagi ya?” tanya seorang warga setempat.

Menurut warga, Aminudin tinggal bersama istrinya yang bercadar dan 3 orang anaknya.

“Ibunya sering keluar, suka diantar sama anaknya yang cowok naik motor kalau keluar,” imbuhnya.(det/cr1)