Bayi Perempuan Baru Lahir Dibuang ke Parit

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU. id, MEDAN – Bayi perempuan yang berumur 1-2 hari ditemukan tak bernyawa di parit, Sabtu (21/3/2015). Bayi itu ditemukan pertama kali oleh Ardi (25) seorang warga saat berjalan kaki di sekitar lokasi.

Ardi yang berjalan di dekat pinggiran parit tak sengaja melihat bayi perempuan tersebut dalam posisi penyamping. Seketika ia terkejut dan langsung memberitahu warga sekitar untuk memastikan bayi itu masih hidup atau mati.

Tak lama, warga langsung memadati lokasi untuk melihat bayi malang itu. Setelah dicek oleh warga dan disaksikan Kepala Lingkungan (Kepling) X, Kelurahan Petisah Hulu, Medan Baru, Darma (46), ternyata bayi perempuan yang diduga hasil hubungan terlarang itu telah menghembuskan nafas terakhirnya.

Mengetahui itu, Darma kemudian menghubungi pihak kepolisian. Petugas identifikasi Polresta Medan yang mendapat informasi itu selanjutnya turun ke lokasi untuk mengecek. Setibanya di lokasi, petugas langsung mengevakuasi mayat bayi itu yang telah dibungkus oleh warga menggunakan kain dan dimasukkan ke dalam kardus.


Selanjutnya petugas membungkus bayi tersebut menggunakan plastik hitam dan memboyongnya ke RSUD dr Pirngadi Medan.

“Tadi (kemarin, Red) warga saya yang pertama kali menemukan bayi itu dan langsung memberitahu warga lainnya. Lalu pas kami datang ke lokasi dan mengeceknya, ternyata bayi itu sudah meninggal,” kata Darma di lokasi.

Sementara, untuk mengetahui siapa orangtua sang bayi yang tega membuangnya hingga tewas, pihak kepolisian dan warga sekitar menyisir kos-kosan yang berada di sekitar lokasi. Pasalnya, beberapa meter dari lokasi penemuan bayi tersebut terdapat banyak rumah kos karena berdekatan dengan sejumlah kampus.

“Tega sekali orangtua bayi itu, enggak punya otak. Makanya kita cari aja di kos-kosan, enggak jauh-jauhnya itu,” kata warga di lokasi.Benar saja, tampak para petugas Polsek Medan Baru yang berada di lokasi dengan dibantu warga melakukan penyisiran ke sejumlah kos-kosan untuk mencari siapa orangtua dari si bayi tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Medan Baru Iptu Oscar S Setjo mengatakan, pihaknya saat ini masih mendalami dan menyelidiki siapa orangtua bayi tersebut.

“Masih kita selidiki siapa yang tega membuang bayi tersebut ke dalam parit,” kata Oscar singkat.(jpnn/cr1)