Wali Kota Yakin Orang Bandung ‘Berani’ Lawan ISIS

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, yakin atas warganya dalam menangkal bahaya radikalisme kelompok Negara Islam Irak dan Suriah. Emil, panggilan akrabnya, mengaku bahwa warganya berani melawan ISIS.

Sejauh ini, pihaknya sudah memperingatkan warganya soal bahaya pengaruh kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sampai level rukun tetangga. Emil mengatakan;“Orang Bandung, tanda kutip, berani melawan ISIS”.

Emil yakin ISIS tidak mungkin dapat mempengaruhi warga Bandung. Alasannya, ucap Emil, sejauh ini, warga Bandung pasti melaporkan segala sesuatu yang terjadi di Kota Kembang langsung kepadanya. “Jadi, kalau diketemukan, pasti akan langsung saya larang,” tutur Emil, saat ditemui Paris Van Java, Jalan Sukajadi, Bandung, Jumat, (20/03)

Emil mengingatkan warga Bandung akan bahaya masuknya pengaruh paham ISIS di Jawa Barat. Dia meminta warga Bandung tidak ikut campur dengan urusan ISIS. Sebab kegiatan ISIS bukan kepentingan Indonesia.


Sebelumnya, adanya pengikut ISIS di Jawa Barat terungkap dalam halaman web yang diduga milik kelompok mereka, Daulahislamiyyah.com. Di situs tersebut terdapat sejumlah tulisan mengenai kesetiaan kelompok Garut yang berafiliasi dengan ISIS untuk membela agama Islam melalui jalur radikal. Dalam halaman itu, terdapat foto enam orang yang ditutupi matanya tengah memegang bendera berlogo ISIS.(lih/ril)