Prambanan Disesaki Ribuan Umat Hindu, Jokowi Pun Hadir di Antara Mereka

Ilustrasi Tawur Kesanga di Candi Prambanan
Ilustrasi Tawur Kesanga di Candi Prambanan
Ilustrasi Tawur Kesanga di Candi Prambanan

POJOKSATU.id, SLEMAN – Seperti tahun-tahun sebelumnya, hari ini ribuan umat Hindu se Indonesia kembali memadati area Candi Prambanan untuk mengikuti upacara Tawur Kesanga. Untuk perayaan tahun ini, Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan hadir pada salah satu rangkaian Perayaan Nyepi dan Tahun Baru Saka 1937 (2015) ini.

Sebagai refleksi dari perkembangan terkini atas realitas peradaban di tanah air, panitia mengusung tema “Membangun Harmoni Kesadaran Ritual dan Budaya Nasional”.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Daerah Istimewa Yogyakarta (diy), Ida Bagus Agung mengatakan, perayaan Nyepi mengandung makna agar tercipta kembali keharmonisan kehidupan antar manusia, dan ataupun alam semesta.

“Saat ini kita melihat berbagai peristiwa kekerasan yang terjadi. Antara manusia dan manusia maupun alam semesta,” ujar Agung saat ditemui di Kompleks Candi Prambanan, Jumat (20/03).


Melihat berbagai peristiwa kekerasan yang terjadi, menurut Agubng, diperlukan keharmonisan antarmanusia dan tentunya dengan alam semesta. Upacara ini pun berdoa untuk perdamian Nusantara dan dunia.(uma/ril)