Hari Ini Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari
Hari ini Gerhana matahari total
Gerhana matahari

POJOKSATU.id – Hari ini gerhana matahari total terjadi di beberapa wilayah. Keyakinan tradisional di sejumlah negara menyebutkan bahwa gerhana matahari pada Jumat (20/3) adalah sinyal dunia akan kiamat. Ini adalah peristiwa gerhana pertama tahun 2015.

Sepanjang tahun 2015, diperkirakan akan terjadi 4 peristiwa gerhana. Pertama, gerhana matahari total pada 20 Maret, gerhana sebagian pada 13 September, gerhana bula pada 4 April dan 28 September.

“Gerhana matahari total pada Jumat (20/3) adalah sebuah peringatan bagi warga dunia dan tanda penghakiman terhadap bangsa-bangsa,” kata seorang pemuka agama kepada WorldNetDaily seperti dilansir¬† The Independent, Jumat (20/3/2015).

Titik gerhana total jatuh tepat di atas Samudera Atlantik Utara antara pantai Greenland dan Norwegia. Hanya dua daerah berpenduduk dengan akses lokasi yang mudah yang bisa dijadikan lokasi pengamatan gerhana, yakni Svalbard dan Kepulauan Faroes.


Pada siang hari akan gelap beberapa menit ketika puncak gerhana terjadi. Indonesia sendiri tidak kebagian gerhana ini. Indonesia baru bisa melihat gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 mendatang.

Gerhana matahari total terjadi antara pukul 08:00 hingga 11:00 pagi waktu Inggris. Gerhana ini ramai diperbicangkan di media sosial. Banyak yang mencoba mengkajinya dari sisi ilmiah, gejala alam, tapi banyak juga yang menyebutkan bahwa gerhana matahari total itu merupakan peringatan akan kiamat.

Para ilmuwan sendiri sudah berkali-kali membantah kiamat akan datang pada saat gerhana matahari total itu. Ilmuwan menilai bahwa ini adalah gejala alam yang biasa.

Sejumlah negara Eropa khawatir gerhana matahari 20 Maret 2015 dapat memengaruhi pasokan listrik mereka, mengingat sekitar 10,5 persen dari seluruh listrik yang dihasilkan di Eropa berasal dari tenaga surya. Perusahaan listrik di Eropa memprediksi bakal kekurangan pasokan listrik sekitar 35.000 mega watt selama gerhana.  (The Independent/one)