Astaga! Demi Bantu Anak Nyontek, Orang Tua Ini Rela Panjat Dinding

india menyontek

POJOKSATU.id, INDIA – Di India, mencontek selama ujian bukanlah hal baru. Namun, kejadian orang tua memanjat dinding sekolah demi membantu anaknya mengerjakan soal ujian sangat mengagetkan publik.

Dikutip dari laman Washington Post, Kamis (19/3), kejadian ini terjadi di Bihar, wilayah India bagian timur. Banyaknya foto dan video yang beredar menggambarkan orang tua rela memanjat dinding tinggi demi memberikan contekan jawaban kepada anak-anaknya. Melihat hal miris ini terjadi, pihak keamanan yang berjaga disana pun tak bisa berbuat banyak.

Di wilayah-wilayah terpencil di India, mencontek adalah hal yang sangat umum dilakukan murid. Namun kejadian oraang tua memanjat dinding sekolah demi anaknya sangat mengejutkan warga India.


Pakar pendidikan menyatakan bahwa mencontek adalah tindakan yang hanya akan mencederai sistem pendidikan di India. Penelitian yang diakukan oleh Pratham Education Foundation menunjukkan, di sekolah terpencil di India, sekitar 48 persen siswa kelas 5 sekolah dasar hanya mampu membaca buku teks yang seharusnya diperuntukkan bagi siswa kelas dua.

P.K. Sahi, Menteri Pendidikan daerah Bihar, menyatakan bahwa sudah banyak keluhan tentang mencontek yang diterima pihaknya. Namun menurutnya, hal ini akan percuma jika turun tangan pemerintah tidak diimbangi dengan kesadaran dan kerja sama dari orang tua.(cr3/lya)