Menteri Sofyan Djalil Tak Pantas Cuci Tangan dengan Mengkambingitamkan TKI!

Sofyan Djalil
Menko Sofyan Djalil
Menko Sofyan Djalil

POJOKSATU- Karena ketidakpastian kebijakan-kebijakan pemerintah, maka nilai tukar rupiah atas dolar AS akan terus merosot. Melemahnya nilai tukar rupiah ini juga disebabkan karena situasi politik yang semakin tak terkendali sehingga membuat ketidaknyamanan iklim investasi.

“Maka kami tidak mempercayai Menko Perekonomian Sofyan Djalil yang mengatakan bahwa pelemahan rupiah terhadap dolar AS hanya sementara. Menurut analisa kami rupiah akan terus merosot,” kata mantan Sekjen Presidium Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Cokro Wibowo Sumarsono, kepada Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu (Rabu, 18/3).

Menurut Cokro Wibowo, Menko Sofyan Djalil juga sangat tidak bijak ketika mengkambinghitamkan para TKI sebagai penyebab melemahnya rupiah. Pernyataan Sofyan Djalil tentang kecilnya uang kiriman TKI yang jadi sebab melemahnya rupiah harus dicabut.

“Tidak pantas seorang Menko cuci tangan atas kegagalannya menjaga stabilitas ekonomi dengan melemparkan kesalahan kepada para TKI yang seharusnya dilindungi,” tegas Cokro.


Cokro mengingatkan, TKI sudah bekerja sekeras-kerasnya. Karena itu sangat tidak pantas dituding macam-macam.

“Kalau Menko Sofyan Djalil tidak mampu jaga stabilitas ekonomi sebaiknya diakui saja, ini lebih gentlemen,” ungkap Cokro yang juga Pimpinan Padepokan Glugu Tinatar. (ysa)