ISIS Latih Anak-Anak Indonesia, Begini Reaksi Polisi

Anak-anak menenteng senjata bersama pasukan ISIS
Anak-anak menenteng senjata bersama pasukan ISIS
Anak-anak menenteng senjata bersama pasukan ISIS

POJOKSATU.id, JAKARTA – Video Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang mempertontonkan militan ISIS tengah melatih anak-anak beredar luas di situs YouTuber. ISIS mengklaim anak-anak yang mereka latih itu berasal dari Indonesia.

Menanggapi klaim tersebut, Polri menyatakan belum bisa dipastikan latihan itu mengambil tempat di Indonesia. Bahkan, belum tentu juga anak-anak yang ada dalam vidoe itu berasal dari Indonesia.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Rikwanto, menegaskan,  memang video yang beredar di Youtube itu tengah dikaji oleh pihak yang berwenang. “Itu sedang kita kaji,” tegasnya, Rabu (18/3).

Dia menegaskan, pengkajian akan dilakukan untuk mengetahui dimana video itu di buat, darimana asal anak-anak itu, termasuk latar belakang, pakaian, senjata, bangunan, maupun ustaz yang ada di dalamnya. “Belum tentu juga itu ada di Indonesia. Bisa jadi di luar negeri,” katanya. “Makanya semua dikaji dan dilakukan analisa mendalam tentang video tersebut,” timpal mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu.


Dia menegaskan, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika supaya video-video semacam itu bisa diblokir. “Itu bisa jadi bagian propaganda,” katanya seraya mencontohkan sejumlah video-video yang pernah beredar di suatu negara.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video pelatihan perang yang diadakan ISIS dengan mengklaim pesertanya anak-anak Indonesia beredar di laman YouTube, Selasa (17/3).

Sedikitnya dikabarkan ada tiga video yang sempat beredar di Youtube sejak Minggu (15/3). Namun, informasi terakhir video-video itu telah diblokir. (boy/jpnn/one)