Disdik Bekasi: UN Bukan Lagi Standar Kelulusan

UN 2015
Foto Ilustrasi. (Dok. JPNN)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Rapat persiapan Ujian Nasional (UN) 2015 oleh oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk tingkat SMP/SMA/SMK dan sederajat yang dilakukan pada tanggal 13 April 2015 mendatang.

Pada kesempatan itu Dinas Pendidikan Kota Bekasi membahas, Permendiknas nomor 5 tahun 2015 tentang kriteria kelulusa dimana hasil UN tak lagi menentukan kelulusan siswa, melainkan hanya sebagai pemetaan mutu program, pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya (perguruan tinggi negeru) dan sebagai pembinaan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Latief Nurbana menjelaskan, standar kelulusan sekolah akan ditentukan sekolah dengan kriteria, gabungan antara nilai Ujian Semester (US) dan nilai rapot semester 1,2,3,4 dan 5 untuk tingkat SMP dan sederajat.

Tingkat SMA dan sederajat gabungan nilai US dan nilai rapot semester 3,4 dan 5 sedangkan SMK dan sederajat gabungan nilai US dan nilai rapot semester 1 sampai 5.


“Adapun bobot nilai dari gabungan kriteria standar kelulusan, SMP/SMA dan Sederajat bobot 30-70 persen nilai US, 50-70 persen diambil dari nilai rapot,” tandasnya. (gob/zul)