Dari Pegawai Bank Jadi Pengusaha Batu Akik

Doni Sedang Memotong Batu Akik
Doni Sedang Memotong Batu Akik
Doni Sedang Memotong Batu Akik

POJOKSATU.id, BOGOR – Batu akik memang jadi primadona di Indonesia. Hampir disetiap sudut terdapat pedagang batu akik dengan dikerumuni pengunjung. Tak mengenal tempat, trotoar jalan pun disulap menjadi lapak jualan batu mulia ini.

Misalnya di Jalan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor dan Jalan Raya Bogor-Jakarta, disana sekumpulan orang rela panas-panasan memilih dan memilah batu pilhan, tawar-menawar, gosok batu, hingga cek batu asli atau palsu.

Namun, lain halnya dengan Doni, ia lebih memilih mendirikan Rumah Batu sebagai tempat menjual koleksi batu akiknya. Tak hanya menjual, Rumah Batu milik ayah dua anak ini juga menerima jasa potong, gosok hingga uji laboratorium batu.

Doni memutuskan keluar dari pekerjaannya sebagai pegawai bank saat mendirikan Rumah Batu di Jalan Baru Alternatif Sentul karena kecintaannya pada batu akik.


Ia mengaku pada awalnya hanya hobi mengoleksi batu akik. Namun ia melihat peluang bisnis didalammya sehingga ia rela meninggalkan pekerjaan yang telah digelutinya selama tujuh tahun demi membangun Rumah Batu.

Sebelumnya Doni hanya berjualan batu lewat dunia maya, ia memanfaatkan berbagai situs jual beli untuk memasarkan dagangannya. Hasilnya, batu-batu miliknya ludes terjual dengan omset belasan juta rupiah.

“Saya seneng aja mas, hobi. Setelah 14 bulan, saya dirikan Rumah Batu dengan kedua teman saya. Saya meninggalkan pekerjaan saya demi batu karena saya menangkap peluang pada batu akik,” ujar Doni, Senin (16/3/2015) tuturnya usai memotong batu pelanggan.

Doni mengaku mendapatkan bahan batu akik dari Rawa Bening, Jatinegara dengan harga bervariasi dari Rp 100.000 hingga Rp 800.000/Kg.

Selain menjual batu yang sudah menjadi cincin atau kalung, Doni juga menjual batu dlam kondisi mentah (bahan) dengan harga Rp 25.000 hingga Rp 35.000. “Tergantung kualitasnya batunya juga,” jelas Doni.

Rumah Batu didirikan sejak 8 bulan lalu oleh sarjan komunikasi ini. Doni mengaku tak pernah Rumah Batunya tidak pernah sepi pengunjung

Anda yang ingin mampir bisa datang ke Rumah Batu di Jalan Baru Alternatif Sentul dan buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai pukul 22.00 WIB.(cr2)